Bedah Hi-Max, Pikap Paling Mungil Daihatsu

Model pikap Daihatsu resmi bertambah sejak peluncuran Hi-Max di Jakarta, Kamis (10/11/2016). Pikap berukuran lebih kecil dari Gran Max ini menyasar buat pebisnis yang mau kendaraan angkut ringkas.

Basis Hi-Max menggunakan platform yang sama dengan generasi baru Hijet di Jepang. Hi-Max ibarat perpaduan Hijet dan Gran Max.

Panjang Hi-Max 3,395 m, lebar 1,475 m, tinggi 1,77 m, dan wheelbase 1,9 m. Ukuran tubuhnya yang setara kei truck seberat 1.739 kg dan mempunyai radius putar efisien, yakni 4 m. Keunggulan pikap berpenggerak roda belakang ini jago keluar-masuk jalanan sempit.
Febri Ardani/KompasOtomotif
Pikap Daihatsu Hi-Max cuma dilengkapi transmisi manual 5-percepatan.
Di Jepang Hijet menggunakan mesin 660cc, sedangkan Hi-Max memiliki mesin 1KR-DE, 3-silinder, 1.0L. Mesin ini sama digunakan pada Ayla (65 tk) namun tenaganya di Hi-Max lebih kecil, yakni 56 tk. Torsinya sama, 85 Nm. Hi-Max cuma punya satu pilihan transmisi, manual 5-percepatan.

Febri Ardani/KompasOtomotif
Pikap Daihatsu Hi-Max sanggup mengangkut beban 750 – 1.000 kg.
Ukuran bak yang digendong Hi-Max, panjang 1,935 m, lebar 1,395 m, dan tinggi 0,285 m. Kemampuan angkutnya diklaim 750 kg, kendati begitu Pradipto Sugondo, Executive Officer Research and Development Astra Daihatsu Motor menjelaskan bisa dimaksimalkan sampai 1 ton.

Febri Ardani/KompasOtomotif
Interior Daihatsu Hi-Max, varian tertingginya dilengkapi AC, power steering, dan jok pengemudi yang bisa digeser maju-mundur.
Hi-Max dijual Rp 93,3 juta, namun tersedia juga varian dengan tambahan power steering, AC, dan jok pengemudi yang bisa digeser dengan banderol Rp 103,3 juta. Semua varian menggunakan sistem kemudi rack and pinion, cakram berventilasi pada rem depan, dan tipe rem tromol di belakang.
Suspensi bagian depan didukung MacPherson Strut plus per keong, sedangkan di belakang rigid-axle dengan per daun. Seluruh ban memakai ukuran 145R dengan pelek 13 inci.

Kini pengusaha “tahu bulat”, tabung gas, galon air minum, dan buah plus sayuran, punya pilihan pikap yang lebih ekonomis. Di pasaran, Hi-Max tidak punya pesaing. Pihak ADM mengatakan, Hi-Max tidak ditujukan mengambil alih pasar sepeda motor roda tiga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s