Era Baru Motor Petualang Kecil dan Murah

Empat merek yang tampil di EICMA, Milan, Italia, (8 – 13 November 2016) meluncurkan sepeda motor petualang (adventure) dengan kapasitas mesin kecil. Kawasaki dengan Versys-X 300, Honda punya CRF250 Rally, Suzuki baru saja meluncurkan V-Strom 250, dan BMW mengandalkan G 310GS.

Inilah tren yang diprediksi berkembang beberapa tahun ke depan. Banyak orang ingin bertualang, namun tak bisa dilakukan karena rata-rata harga motor jenis adventure cukup mahal. Apalagi jika memiliki fitur yang lengkap dengan teknologi terkini.

Empat model terbaru itu pun seakan menjadi solusi. Tentunya dengan banderol yang lebih terjangkau.

Berikut sekilas tentang ”perang” empat motor adventure berkapasitas mesin kecil yang meluncur dan berstatus debut dunia di EICMA, kami pisahkan menjadi dua bagian tulisan bersambung:

Suzuki V-Strom 250

Meski ber-cc kecil (mesin 248 cc pararel kembar), tapi Suzuki mengklaim sudah disetel untuk memaksimalkan torsi putaran mesin bawah-menengah. Katup saluran isap dibuat untuk mengoptimalkan aliran udara ke ruang bakar.

Motor yang sudah disertifikasi Euro4 ini bisa diajak menjelajah sampai lebih dari 500 km sekali isi tangki bahan bakar secara penuh. Suzuki juga menjanjikan petualangan yang mudah, bahkan untuk pemula sekali pun.

Semua keperluan untuk menjelajah dipenuhi, termasuk tameng angin, dudukan bagasi samping, tempat penyimpanan belakang berbahan aluminium yang sanggup menyimpan beban 8,5 kg, sampai power outlet 12 Volt. V-Strom 250 sudah menggunakan panel instrumen LCD, lampu belakang LED, pelek jari-jari.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda
Kawasaki Versys-X 300 diluncurkan di EICMA, Milan, (8/11/2016).
Kawasaki Versys-X 300
Motor ini menggunakan mesin 296 cc pararel kembar yang diturunkan dari Ninja 300 dengan tenaga maksimal 37,8 tk. Kawasaki menyebut motor ini cocok untuk bertualang ringan, atau sekadar melakukan aktivitas rutin.

Pelek depan 19 inci dengan ban ukuran 100/90, sementara di belakang pakai 17 inci dibalut ban IRC Trail Winner 130/80. Kawasaki meletakkan ABS, kaliper Nissin, dan slipper clutch sebagai standar. Garpu depan teleskopik 41 mm, dipadu monosok Uni-Trak di belakang.

Kawasaki menjual bersama aksesori, misalnya untuk Versys-X 300 Urban termasuk pelindung tangki dan tangan, standar tengah, dan ruang penyimpan (top box) 30 liter. Sedangkan Versys-X 300 Adventure sudah termasuk pelindung tangki, pelindung mesin tubular, standar tengah, dan sepasang bagasi samping masing-masing berkapasitas 17 liter.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s